Moratorium TKI Tidak Efektif Justru Picu Masalah Baru

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Meskipun pemerintah telah menekan kebijakan moratorium Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Timur Tengah pada Mei 2015 lalu, faktanya hingga saat ini gelombang pengiriman TKI masih saja terjadi.

Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, tim pengawas komisi IX DPR menemukan fakta bahwa pengiriman masih terus berlanjut, terutama yang dikirim ke Arab Saudi.

Dirinya menyebut sekitar 1.200 TKI dikirim dalam periode tahun 2016. “Dari 1200 itu, sebanyak 1.000 orang adalah asisten rumah tangga. Sisanya, sebanyak 200 orang adalah sopir,” ujarnya, Minggu (304/17).

Saleh menilai kebijakan moratorium tersebut justru tidak efektif, dan menimbulkan masalah baru karena memicu tindak kriminal berupa penyelundupan dan perdagangan manusia ke Timur Tengah.

“Pengiriman tersebut disinyalir akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebab, mereka diberangkatkan melalui jalur tidak sesuai prosedur,”¬†katanya.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah untuk melakukan tindakan keras terhadap, baik perorangan atau perusahaan jasa pengiriman TKI yang masih melakukan pengiriman tersebut untuk memutus mata rantai pengiriman TKI ilegal atau nonprosedural. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90