oleh

Mudah Dipraktikkan, Berikut Tips Cara Membuat ID Card di Word dan Photoshop

SUARADEWAN.com — ID card atau kartu pengenal memang dibutuhkan bagi sebagian besar orang. Terlebih ketika Anda pelaku bisnis, ID card ini mempunyai peranan penting. Dengan ID card, Anda bisa memberikan kontak kepada kolega bisnis jika berminat kerja sama lebih lanjut. Dengan begitu, orang tersebut bisa dengan mudah menghubungi Anda ketika sewaktu-waktu terdapat keperluan.

Biasanya banyak jasa yang menawarkan pembuatan ID card dengan berbagai desain yang menarik. Anda tinggal memesan dengan desain ID card sesuai selera lalu memberikan beberapa data informasi yang akan dituliskan pada kartu identitas tersebut. Kartu tersebut dapat dicetak sesuai jumlah yang diinginkan.

Namun, jika Anda memiliki banyak waktu dan ingin mendesain sendiri ID card, terdapat beberapa cara membuat ID card dengan mudah yang bisa dicoba. Dalam hal ini, ID card bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi photoshop. Namun jika Anda tidak begitu mahir dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat ID card dengan aplikasi Microsoft Word yang lebih ringan dan murah dipraktikkan.

Dengan membuat ID card sendiri, Anda bisa mengatur ukuran hingga desain sesuai keinginan. Selain itu, cara ini juga dinilai lebih hemat daripada menyewa jasa. Setelah ID card selesai didesain, Anda tinggal mencetaknya dan memotongnya sesuai ukuran yang telah diatur.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum beberapa cara membuat ID card di Word dan Photoshop yang bisa Anda praktikkan.

Cara Membuat ID Card di Word dengan Template

Jika Anda tidak terbiasa menggunakan beberapa aplikasi seperti Photoshop atau Corel, Anda masih bisa membuat ID card dengan memanfaatkan Microsoft Word. Dalam hal ini, Ms.Word menyediakan beberapa template yang bisa digunakan untuk membuat desain ID card. Berikut cara membuat ID card di Word dengan template yang bisa Anda praktikkan:

  1. Buka Microsoft Word pada laptop atau komputer Anda.
  2. Setelah itu, klik File, lalu pilih opsi New.
  3. Kemudian, pilih Business Cards. Opsi tersebut akan memberikan beberapa pilihan template kartu nama dalam berbagai bentuk, mulai dari horizontal hingga vertikal. Anda bisa menggunakan desain template sesuai selera.
  4. Pilih template yang ingin Anda gunakan. Lalu klik Create atau Download untuk membuka template yang telah kamu pilih.
  5. Berikutnya, Anda tinggal mengisi informasi atau data yang ingin dicantumkan pada kartu nama.
  6. Anda bisa mengatur warna, ukuran font, gambar, tata letak, dan lainnya sesuai keinginan.
  7. Setelah desain selesai dibuat, cetak kartu nama dan potong sesuai ukuran yang telah diatur.
Baca Juga:  Jangan Bandel, Jika Ada 5 Tanda ini Kamu Harus Memeriksakan Diri ke Dokter

Cara Membuat ID Card di Word dengan Tabel

Cara membuat ID card di Word selanjutnya bisa menggunakan fitur tabel. Itu berarti, Anda membuat desain ID card sendiri tanpa menggunakan template yang telah disediakan. Berikut cara membuat ID card di Word dengan tabel yang bisa Anda praktikkan :

  1. Buka Microsoft Word di laptop atau komputer Anda
  2. Klik tab Page Layout, lalu pilih Margins.
  3. Kemudian akan muncul pilihan ukuran batas kertas, pilih opsi Narrow.
  4. Klik tab Insert, lalu pilih opsi Table.
  5. Setelah itu, Anda bisa membuat tabel dengan panjang 5 sel dan lebar 2 sel.
  6. Selanjutnya buka menu table properties dengan cara klik kanan pada kursor bidik silang di pojok kiri atas tabel, kemudian pilih Table Properties.
  7. Anda bisa menggunakan opsi Center untuk memudahkan tata letak tulisan informasi yang rata dan berada di tengah.
  8. Selanjutnya klik tab Row, lalu centang pada kotak Specify Height. Masukkan ukuran 2”, dan pilih Exactly pada kolom Row Height is.
  9. Klik tab Column, lalu centang pada kotak Preferred Width. Masukkan ukuran 3.5”, setelah itu pilih Exactly pada kolom Measure in.
  10. Anda bisa menyesuaikan ukuran tabel dengan layar, caranya klik kanan kembali pada bidik kursor tabel, kemudian pilih AutoFit, lalu pilih Fixed Column Width agar ukuran tabel tidak berubah saat kamu memasukkan data ke dalamnya.
  11. Selanjutnya, masukkan data atau informasi yang ingin dicantumkan di dalam kartu nama. Anda bisa mengatur jenis dan ukuran font, warna sesuai selera.
  12. Setelah selesai memasukkan data atau informasi pada satu sel tabel, salin untuk memindahkannya ke sel lain. Anda perlu memastikan tidak ada kesalahan lagi sebelum mengisi informasi pada kartu di sel lainnya.
  13. Setelah selesai mengisi dan menempel isi sel pertama, klik kanan kembali pada bidik silang tabel kemudian masuk kembali ke Table Properties. Klik Borders and Shading lalu pilih None untuk border. Opsi ini memudahkan Anda untuk menghilangkan garis batas yang sebelumnya ada
  14. Selesai mendesain ID card Anda bisa segera mencetaknya sesuai jumlah yang dibutuhkan.
Baca Juga:  Pria yang Rajin Olahraga Punya Performa Bercinta yang Lebih Baik

Next

Next

Komentar

Berita Lainnya