HomeHankam

MUI Dukung BNPT Perangi Terorisme

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan dukungannya kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang kini berupaya memerangi kejahatan terorisme. Hal ini disampaikan oleh Ketua MUI, KH. Ma’ruf Amin, dalam rilis BNPT, Rabu (29/3/2017).

Seperti diketahui, kini paham radikal terorisme telah mendistorsi nilai-nilai agama. Beragama nilai yang memang bermakna dinamis di dalamnya, semisal nilai jihad, diinterpretasi sesuai keinginan penginterpretasi yang sayang tanpa tanggung jawab.

Padahal, sebagaimana diakui Ma’ruf Amin, jihad tidak melulu bermakna perang. Namun jihad itu bisa bermakna perbaikan di segala aspek, seperti sosial, budaya, politik, dan lain sebagainya.

Karenanya, MUI pun mendukung langkah dari BNPT yang ingin secara bersama-sama meredam paham radikal yang kini mengjangkiti kehidupan sosial masyarakat Indonesia secara umum, terutama menjalar di berbagai jejaring media sosial.

“Pencegahan melalui dunia maya ini memang tidak mudah, karena itu perlu upaya-upaya intensif untuk menanggulangi dan harus dikerjakan secara bersama. Dalam hal ini sinergi ulama dan umaro sangat penting, dan semua komponen bangsa juga harus dilibatkan,” terang Ma’ruf Amin.

Khusus untuk pencegahan melalui dunia maya, lanjut Rais Aam PBNU ini, dunia maya harus senantiasa dipantau. Karena, disadari atau tidak, dunia maya kini menjadi alat paling efektif penyebaran paham radikal berupa terorisme ini.

Bahwa dunia maya adalah media, jika bukan satu-satunya, berupa pintu masuk yang digunakan kalangan radikalis untuk meracuni pikiran masyarakat.

“NKRI adalah harga mati. Karena itu harus dijaga, dipelihara dengan berbagai cara dan metode,” tegasnya. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: