HomeHukum dan HAM

Natalius Pigai : Kepolisian Sangat Kooperatif

Natalius Pigai : Kepolisian Sangat Kooperatif

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Natalius Pigai menegaskan bahwa Komnas HAM menghormati proses hukum oleh kepolisian terkait kasus kriminalisasi para ulama. Ia mengatakan bahwa kepolisian akan bersikap profesional sesuai dengan hukum yang berlaku di negeri ini.

“Apalagi kepolisian juga sangat kooperatif dan kami sudah lakukan pertemuan, kurang lebih empat kali termasuk pertemuan langsung dengan pak Kapolri, kemudian dengan para penyidik Polri maupun polda metro Jaya,” ujar Pigai melalui keterangan tertulisnya, Minggu (11/6).

Baca Juga:  Komnas HAM: Kasus Tewasnya Laskar FPI Harus Diproses Pidana

Komisioner asal Papua ini menyampaikan bahwa Komnas HAM selalu berjalan sesuai dengan koridor HAM, apalagi penemuan berdasarkan penyelidikan soal kriminalisasi ulama begitu jelas nampak.

“Untuk itu Komnas HAM juga akan menyampaikan pertimbangan hukum HAM di pengadilan (Amicus curiae) sesuai dengan amanat UU 39 tahun 1999 tentang HAM,” terangnya.

Baca Juga:  Komnas HAM Siap Temui Rizieq Shihab di Mekkah

Adapun, menurut Pigai, Komnas HAM sangat berharap agar presiden Jokowi menjadi penengah atas kegaduhan ini. Karena, lanjut Pigai, kasus dan isu soal kriminalisasi ulama ini sangat mengganggu berjalannya kestabilitasan nasional serta pembangunan Nawacita.

“Penyelesaian kegaduhan ini harus melalui dialog yang melibatkan pemimpin struktural, kultural maupun mereka yang menjadi korban,” kata dia. (aw/ko)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: