NU Adakan Festival Tradisi Islam Nusantara, Jokowi: Belajarlah pada Ulama yang Menjadikan Budaya sebagai Media Dakwah

SUAWARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Satu Abad Nahdhatul Ulama di Stadion Diponegoro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin (9/123) malam.

Dalam memperingati umur perjuangannya yang telah mencapai 100 tahun, NU mengadakan Festival Tradisi Islam Nusantara.

Festival tersebut, cerira Jokowi, menampilkan dan memperkenalkan kembali kekayaan tradisi Islam Nusantara, menggugah kepedulian dan kecintaan kita pada kekayaan budaya bangsa.

Jokowi mengapresiasi acara itu, dan juga menghimbau kita untuk belajar dari ulama-ulama yang telah menjadikan budaya sebagai media dakwah, seperti yang dilakukan kiyai-kiyai NU.

“Saya mendorong masyarakat untuk belajar dari para alim ulama yang memilih jalan kebudayaan sebagai salah satu media dalam menjalankan dakwah dan syiar Islam di masa lalu. Ajaran Islam bisa bersanding dan menjiwai beragam kebudayaan daerah di Tanah Air dan memberikan kontribusi besar dalam membangun peradaban nusantara,” kata Jokowi instagramnya.

Seni dan budaya, lanjut Jokowi,  bukan hanya sekadar tontonan. Lebih dari ia juga merupakan tuntunan hidup yang bisa membawa kita pada kebiakan-kebaikan.  Bahkan,  bisa menjadi media dakwah.

“Tidak hanya sebagai tontonan, seni dan budaya ini juga mengandung pesan tuntunan hidup untuk selalu mengingat keagungan Allah Swt. Mengajak amar makruf nahi mungkar, menghaluskan rasa, memperkuat toleransi serta moderasi, menjaga keharmonisan dalam keberagaman, serta memperkuat sistem sosial dalam masyarakat nusantara,” tuturnya.

Oleh karenanya, Jokowi mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kekayaan Budaya Nusantara.

“Untuk itu, saya mengajak umat Islam di seluruh Tanah Air untuk turut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya nusantara yang beragam. Salah satunya dengan menggunakan seni budaya sebagai bagian dari dakwah untuk membangun peradaban,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90