HomeParlementariaDPR RI

PAN Tolak RUU BPIP dan RUU Ibu Kota Negara Masuk Prolegnas 2021

PAN Tolak RUU BPIP dan RUU Ibu Kota Negara Masuk Prolegnas 2021

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Badan Legislasi DPR RI telah menetapkan 33 RUU Prolegnas Prioritas 2021 dalam pengambilan keputusan tingkat pertama. Namun, Fraksi PAN bersikap menolak RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan RUU Ibu Kota Negara (IKN).

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan, PAN menolak RUU tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) karena sebelumnya merupakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang mendapat reaksi keras berbagai elemen masyarakat. PAN khawatir RUU BPIP akan memunculkan polemik

Baca Juga:  Legislator Yuliani Paris Minta Pemerintah Revisi Perpres tentang Badan Riset Nasional

“Jika dipaksakan kami (Fraksi PAN) khawatir akan mengakibatkan terjadi kembali polemik, perdebatan, dan bahkan penolakan dari publik,” ujar Guspardi dalam keterangannya, Sabtu (16/1).

Mengenai RUU Ibu Kota Negara, PAN menilai belum mendesak dimasukan dalam Prolegnas Prioritas 2021 dan perlu ditinjau kembali. Karena kondisi saat ini pemerintah masih fokus menghadapi Covid-19 yang berimbas sulitnya kondisi keuangan negara. PAN meminta pemerintah fokus penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga:  Waketum PAN : Harus Ada Langkah Kongkret Hentikan Kekejaman Israel

“Makanya Fraksi PAN juga menolak RUU IKN ini,” imbuh Guspardi.

Anggota Komisi II DPR RI ini mengatakan, RUU yang disusun bersama DPR, DPD dan pemerintah harus mengedepankan kualitas. Bukan hanya sekadar kuantitas saja.

“Tetapi harus mampu menjawab tantangan dan problematika sesungguhnya yang dihadapi oleh masyarakat dan harus memenuhi rasa keadilan masyarakat secara luas,” pungkas Guspardi.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: