HomeHankam

Panglima TNI: Kiai dan Ulama adalah Pemersatu Umat Beragama di Indonesia

Panglima TNI: Kiai dan Ulama adalah Pemersatu Umat Beragama di Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan silaturahmi dengan 10.000 santri Pondok Pesantren Buntet, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2017) malam.

Dalam sambutannya, Gatot meminta kepada para santri sebagai calon-calon kiai dan ulama di masa depan untuk mampu membangkitkan kebersamaan dengan berbagai komponen untuk menjaga ketentraman.

“Negara Indonesia adalah mayoritas beragama Islam yang benar-benar demokrasi dalam mengajarkan kebaikan,”

Menurutnya, bahwa sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para kiai dan ulama, saat ini kiai dan ulama diyakini dapat menjadi pemersatu umat beragama.

“Bangsa Indonesia merdeka karena peran aktif para kiai dan ulama bersama-sama dengan umat agama lain, berbagai macam suku berjuang bersama-sama sehingga Indonesia menjadi bangsa yang hebat dalam meraih kemerdekaan,” ujar Gatot

Disamping itu Gatot juga mengingatkan tentang pentingnya peranan semua pihak untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan Indonesia agar tetap berdiri teguh. Dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan, dengan tidak membedakan agama satu dengan yang lainnya. Tidak merasa lebih baik dan merasa lebih banyak berjasa bagi Indonesia.

Gatot mengingatkan bahwa perjuangan para kiai dan ulama di masa awal kemerdekaan merupakan contoh yang harus ditiru hingga saat ini. Menurutnya para kiai dan ulama berhasil menyatukan berbagai kemajemukan masyarakat Indonesia.

“Inilah yang harus kita waspadai, adanya kelompok yang paling merasa benar, paling hebat, tidak seperti ulama yang bersatu padu bersama agama lainnya dan bangkit pada saat bangsa membutuhkannya,”. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: