HomeHankam

Panglima TNI Sebut Sel ISIS di Indonesia Sudah Terbentuk dan Bisa Bangkit Kapan Saja

Panglima TNI Sebut Sel ISIS di Indonesia Sudah Terbentuk dan Bisa Bangkit Kapan Saja

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ancaman terorisme sudah menyebar ke hampir semua wilayah di Indonesia. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan saat ini sel-sel jaringan kelompok radikal teroris Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS) sudah terbentuk di hampir seluruh wilayah tanah air.

Jika tidak diantisipasi maka sewaktu-waktu akan bisa bangkit dan menjadi ancaman yang serius. “Sel-sel ini sudah terbentuk dari awal. Begitu dibangun maka, sel-sel ini akan mudah bergabung dengan sel-sel lainnya,” ungkap Gatot, Senin (12/6/17).

Baca Juga:  PAN: Jenderal Gatot Nurmantyo Gabung di Timses Prabowo-Sandiaga

Gatot menyebut hanya wilayah papua yang saat ini belum terlihat adanya indikasi hadirnya kelompok teroris tersebut. “Ternyata setelah diadakan pengamatan hampir di semua provinsi kecuali Papua, ada sel-sel ISIS” sambungnya.

Gatot menguraikan hadirnya kelompok ISIS di tanah air tidak lepas dari konflik di Suriah. Gejala ancaman ini, sebutnya semakin terlihat seperti yang saat ini terjadi di Marawi, Filipina.

Baca Juga:  Panglima TNI Terima Gelar Panglima Perang Besar Di Wilayah Jauh Kesultanan Tidore

Ia juga menyebut kelompok teroris tersebut diprediksi akan masuk ke wilayah Indonesia melalui daerah-daerah perbatasan di bagian utara seperti Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, dan Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

“Ada loncatan ISIS dari Marawi ke Bitung, Morotai, dan seterusnya. Itu loncatan yang memang mudah. Hal ini yang sama-sama perlu kita waspadai,” pungkas Gatot. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: