HomeDPR RI

Pansus RUU Pemilu Tolak Wacana Capres Tunggal

Pansus RUU Pemilu Tolak Wacana Capres Tunggal

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pansus RUU Pemilu bersama Pemerintah sudah menyepakati beberapa poin dalam RUU Pemilu yang salah satunya adalah bersepakat menolak munculnya calon presiden tunggal dalam Pemilihan Presiden.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kami setuju dengan pemerintah untuk menambahkan dua ayat dalam RUU Pemilu agar proses pemilu memberikan tahapan panjang supaya terhindar dari calon tunggal,” kata Edy.

Baca Juga:  RUU Pemilu Disahkan Juni Nanti

Namun, sambung Edy, jika selama pendaftaran tidak ada calon lain maka proses tahapan pemilu akan tetap terus berlanjut. Sebaliknya, jika ada parpol yang memenuhi syarat untuk mengajukan capres dan cawapresnya tapi  tidak melakukannya, maka akan diberikan sanksi.

“Kalau parpol yang sudah memenuhi syarat untuk mengajukan capres tapi dia tidak mengajukan maka kena sanksi tidak ikut pemilu presiden lima tahun berikutnya,” papar Edy.

Baca Juga:  RUU Pemilu; Pembuat Undang-Undang Kembali Berkutat Pada Isu-Isu Elitis

Dalam rapat Pansus bersama Pemerintah itu dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, dan Wamenkeu Mardiasmo beserta jajarannya.

Selanjutnya, Pansus akan melanjutkan Rapat pada Senin (29/5) depan terkait pembahasan penataan dapil (jumlah kursi anggota DPR, jumlah kursi setiap Dapil anggota DPR, jumlah kursi setiap Dapil anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota) dan 3 isu krusial lainnya. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: