HomeEkonomi

Papua dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Papua dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

JAKARTA, SUARADEWAN.com –  Kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla terkait dengan lobi perpanjangan kontrak tambang emas di Papua yang diduga dilakukan oleh komandan DPR RI Setya Novanto, mencuat menjadi perhatian publik.

Lalu, kenapa tambang freeport menjadi isu seksi yang menarik perhatian dunia? Selain isu freeport yang merupakan anak induk dari perusahaan Amerika itu, ternyata Papua mempunyai nilai unik yang tak banyak dimiliki di dunia.

Tak bisa dimungkiri, tambang Grasberg di Timika, Papua merupakan salah satu tambang yang menyimpan cadangan emas dan tembaga melimpah bagi Freeport. Bahkan, cadangan emas di Papua yang mencapai 29,8 juta ons merupakan cadangan terbesar atau mencakup 95 persen dari total cadangan emas Freeport di dunia. Sedangkan, cadangan tembaga mencakup sekitar 27 persen dari total cadangan Freeport atau cadangan terbesar ketiga di dunia.

Freeport adalah salah satu dari puluhan perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia berdasarkan perjanjian Kontrak Karya pertambangan. Freeport yang beroperasi di Papua merupakan salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia. Tambang di Papua merupakan salah satu wilayah pertambangan yang dikontrol oleh Freeport McMoran melalui anak usahanya, PT Freeport Indonesia.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0