HomePolitik

Parpol Korup Bisa Dibubarkan

Parpol Korup Bisa Dibubarkan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Praktek korupsi di Indonesia sudah berada pada titik yang mengkhawatirka. Pelaku korupsi tak hanya dari kalangan individu pejabat dan penyelenggara negara, penegak hukum, swasta, namun juga melbatkan partai politik.

Partai Politik bisa dibubarkan jika terbukti melakukan korupsi. Pembubaran parpol bisa dilakukan dengan dua mekanisme, yakni membubarkan diri atau melalui Mahkamah Komstirusi (MK).

Hal ini dikemukan oleh pengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) sekaligus praktisi hukum Umar Husin. Menurutnya, membubarkan parpol yang terlibat korupsi merupakan upaya untuk menekan angka korupsi yang notabenenya banyak melibatkan parpol.

Baca Juga:  Berkas Tidak Lengkap, KPU Tolak Pendaftaran 13 Parpol Ini

“Dan penyelesainnya, yakni tentang pembubaran partai politik jika terbukti melakukan korupsi,” terangnya dalam sebuah diskusi ‘Partai Politik dan Budaya Korupsi,’ di Jakarta Selatan, Senin (24/4/17).

Menurutnya, pemerintah dan jajarannya harus berani mengambil langkah tegas terhadap pelaku tindak korupsi. Dirinya pun mencontohkan mekanisme pemberantasan korupsi yang terjadi di negara Jepang. Ia menjelaskan pengacara tersangka ataupun terdakwa kasus korupsi di Jepang, mencari cara agar kliennya mengakui perbuatannya.

Baca Juga:  Perubahan UU Pemilu Ditolak karena Dianggap Kemunduran Demokrasi

“Tapi di sini lawyer mencari jalan keluar agar kliennya bisa bebas, bahkan tidak sedikit yang menjadi perantara suap. Kalau di Jepang, terbukti korupsi mereka harakiri (upacara bunuh diri),” pungkasnya. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: