Partai Ummat Jalani Verifikasi Administrasi Ulang

SUARADEWAN.com – Partai Ummat akhirnya mempunyai kesempatan untuk melakukan verifikasi ulang untuk mengikuti Pemilu 2024.

Hal tersebut telah dilakukan dan Partai Ummat akhirnya dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh KPU.

Lulusnya Partai Ummat dalam verifikasi administrasi yang kedua kalinya tersebut dibenarkan oleh Idham Kholik, anggota KPU RI pada 26 Desember 2022.

“Iya (Partai Ummat lolos verifikasi administrasi ulang). Jadi prosesnya begini, penarikan sampel keanggotaan parpol itu baru dapat dilakukan apabila hasil verifikasi administrasi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu dinyatakan memenuhi syarat,” jelas Idham Kholik.

Selanjutnya, Partai Ummat besutan Amien Rais tersebut harus menjalankan verifikasi faktual untuk menentukan lulus tidaknya mengikuti Pemilu 2024.

Pada hari Rabu, 28 Desember, rencananya Partai Ummat akan mengikuti verifikasi faktual di NTT, dan Sulawesi Utara.

Verifikasi ulang ini adalah hasil mediasi antara KPU dan Partai Ummat yang difasilitasi Bawaslu pada tanggal 19 Desember 2022. Keputusan KPU untuk melakukan verifikasi ulang dikeluarkan pada hari Senin, 20 Desember 2022.

Dan, nanti setelah verifikasi faktual selesai, maka proses akan berlanjut dengan rekapitulasi hadil verifikasi faktual keanggotaan parpol oleh KPU RI pada 30 Desember 2022.

Rekapitulasi tersebut akan disampaikan ke Bawaslu dan parpol pada 31 Desember 2022. Pada hari tersebut penetapan hasil, pengambilan nomor urut, dan pengumuman bahwa Partai Ummat menjadi peserta Pemilu akan dilakukan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90