Partai Ummat Klaim Lulus Verifikasi Faktual

SUARADEWAN.com – Meskipun pengumuman lulus tidaknya Partai Ummat dalam verifikasi faktual baru akan diumumkan hari ini, tetapi juru bicara Partai Ummat, Mustofa B Nahrawardaya telah mengatakan bahwa pihaknya telah memenuhi syarat (MS).

Mengenai kelulusan verifikasi faktual Partai Ummat tersebut ia katakan dalam laporan tertulis pada 29/12/2022.

“Verifikasi ulang di Sulut dan NTT sudah diplenokan masing-masing KPU Provinsi, dan alhamdulillah keduanya dinyatakan MS,” kata Mustofa.  Kelulusan Partai Ummat tentunya akan melunakkan Amien Rais.

Pernyataan kemungkinan kelulusan Partai Ummat juga didukung oleh Ketua KPU, Hasyim Asy’ari.

“Sangat mungkin (Partai Ummat tahu bahwa sudah lolos) karena tahapannya kan sudah rapat pleno hasil verifikasi faktual di kabupaten/kota, dan di tingkat provinsi,” tutur Hasyim Asy’ari secara terpisah.

Presentase kelulusan verifikasi faktual Partai Ummat bisa terjadi karena ada rekapitulasi dari kabupaten/kota dan provinsi. Hal tersebut dilakukan mendahului rekapitulasi nasional.

Apalagi, rekapitulasi tersebut dilakukan secara terbuka. Jadi, partai yang terkait dapat ikut mengawasi.

“Sehingga, kalau Partai Ummat sudah tahu duluan, ya biasa saja, karena rekapitulasi sebelum nasional kan rekapitulasi di KPU kabupaten/kota dan provinsi,” lanjut Hasyim.

Verifikasi ulang yang dilakukan ini merupakan hasil mediasi antara Partai Ummat dan KPU yang difasilitasi oleh Bawaslu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90