HomeDaerahJabodetabek

Pastikan Hak Pilih Warga DKI, Komnas HAM Pantau Sejumlah TPS

Pastikan Hak Pilih Warga DKI, Komnas HAM Pantau Sejumlah TPS

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Guna memastikan hak politik warga DKI Jakarta tersalurkan dengan baik, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia memantau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Jakarta.

Komisioner Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia Sianne Andriani sempat menyambangi dua tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kami ingin pastikan tak ada hak pilih yang diabaikan pada pemilihan kepala daerah, khususnya di Jakarta yang butuh banyak perhatian,” ungkap Komisioner Komnas HAM, Sianne Andriani, di Jakarta Rabu (19/4/17).

Ia menyebut, pemantauan di masa Pilkada merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Komnas HAM selama beberapa tahun belakangan.

Sianne melanjutkan, pihaknya menyusuri hampir 20 TPS di DKI yang dihuni oleh masyarakat rentan pelanggaran HAM. “Misalnya di Rumah Sakit, panti sosial, di rumah-rumah tahanan juga. Korban penggusuran di Bukit Duri juga, termasuk di Penjaringan.” ucapnya.

Sianne juga mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua jauh lebih baik dibanding pada putaran pertama. Ia mengatakan, pada putaran pertama.

“Ada kejadian kecil meski belum sifnifikan, (terkait) mungkin ada kesalahan di administrasi, atau salah tulis nomor KTP, dan sebagainya,” pungkasnya.

Hasil sementara hitung cepat (Quick Count) yang dilakkukan sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan Anies-Sandi lebih unggu dari paslon Ahok-Djarot dengan selisih rata-rata 15 persen. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: