HomeDaerahKalimantan

Pekan Gawai Dayak dan Aksi Bela Ulama Berlangsung Damai dan Sejuk

Pekan Gawai Dayak dan Aksi Bela Ulama Berlangsung Damai dan Sejuk

PONTIANAK, SUARADEWAN.com – Pekan Gawai Dayak ke-32 dan Aksi Bela Ulama yang digelar bersamaan oleh masyarakat Pontianak pada Sabtu (20/5) kemarin berlangsung dengan damai dan sejuk.

Tidak ada benturan dan provokasi pihak tertentu untuk mengacaukan acara sebagaimana yang diisukan lewat berita tidak bertanggungjawab, meme, dan video hoax yang bertebaran.

Dalam pesta dan karnaval Pekan Gawai Dayak “Giat Budaya” ke-32 Tahun 2017 yang terpusat di Rumah radakng Pontianak, hingga acara selesai pada pukul 16.00 WIB, semuanya berlangsung dengan meriah, aman, kondusif dan terkendali.

Termasuk pawai akbar Aksi Damai Bela Ulama yang digelar sejak pukul 09.00 WIB terpusat di Masjid Raya Mujahidin Pontianak juga berlangsung damai hingga selesai.

Baca Juga:  Ketua POM Tuding PDIP Identik PKI, Organisasi Pun Jadi Tumbal

Saat itu peserta aksi yang berkumpul di Masjid Raya Mujahidin mengadakan pawai ke Markas Polda Kalimantan Barat untuk memberikan dukungan moral pada Kapolda Brigjen Pol Erwin Triwanto, untuk memproses laporan yang telah dibuat oleh Aksi Bela Ulama “tidak Diskriminatif”.

Kapolda Kalbar Brigjen Pol Erwin Triwanto, melalui Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Sugeng Hadi Sutrisno, menjelaskan, pelaksanaan dua kegiatan aksi masyarakat yang bersamaan waktunya di Kota Pontianak itu berlangsung dengan aman tanpa benturan ataupun kekerasan.

Kapolda Erwin mengimbau masyarakat Pontianak untuk berhati-hati dalam mencerna informasi provokatif yang disebarluaskan secara tidak bertanggungjawab, sebab bisa jadi itu adalah informasi hoax yang sengaja diciptakan untuk memancing fitnah dan membuat kerusakan di masyarakat.

Baca Juga:  Redam Aksi 20 Mei, Panglima Laskar Pemuda Melayu Kalbar Keluarkan Surat Himbauan

“Kepada masyarakat jangan terpancing dengan provokasi dengan berita-berita atau meme-meme (gambar-gambar), atau Video, karena itu gambar gambar yang lalu-lalu dimunculkan kembali. Jangan sampai masyarakat terpancing dengan situasi tersebut,” terang Erwin.

Erwin menambahkan, hingga saat ini pihak TNI dan Polri masih terus menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi dengan ketat. Ia mengharapkan peran serta semua unsur masyarakat untuk membantu peran pengamanan, karena disinyalir masih ada pihak-pihak tertentu yang ingin memperkeruh suasana. (za/pr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: