Pelanggaran HAM Mei 98: Penjarahan, Pembakaran, Pemerkosaan

Kerusuhan mei 1998 merupakan peristiwa pelanggaran HAM berat yang menelan lebih dari 1.188 jiwa, termasuk 85 perempuan yang diperkosa. Dan terdapat 4000 bangunan yang hancur. (Foto: Kaskus)

SUARADEWAN.com – Bulan Mei tahun 1998 mungkin menjadi bulan paling memilukan dalam sejarah Tionghoa di Indonesia karena di bulan tersebut terjadi peristiwa pelanggaran HAM berat.

Di bulan Mei 1998 tersebut, toko-toko dan rumah etnis Tionghoa, terutama yang berada di Jakarta, dijarah dan dibakar. Yang tersisa bahkan dihancurkan.

Lebih dari itu, dalam peristiwa pelanggaran HAM berat Mei 1998, perempuan-perempuan Tionghoa di daerah Jakarta mengalami represi. Mereka diperkosa, dianiaya, bahkan dibunuh.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Pada Perempuan, Pemerkosaan Nomor Satu

Peristiwa bulan Mei 1998 ini menjadi salah satu dari 12 peristiwa pelanggaran HAM yang pada 11 Januari 2023 diakui dan disesalkan oleh Presiden Jokowi.

Ita F. Nadia, seorang aktivis relawan, mengatakan sasaran utama kerusuhan Mei 1998 adalah perempuan-perempuan Tionghoa karena mereka dinilai lemah dan tidak dapat memberikan perlawanan.

Ita F. Nadia juga mengatakan, berdasar riset, bahwa pemerkosaan terhadap perempuan etnis Tionghoa tersebut dilakukan beramai-ramai, secara bergantian, dan dalam waktu bersamaan.

Lebih memprihatinkan lagi, pemerkosaan tidak hanya dilakukan di rumah korban, tetapi juga di tempat umum, bahkan di depan orang lain.

Baca Juga: Pemerkosa dan Pembunuh Gadis di Jakarta Barat Ditembak Mati

Sri Palupi, Koordinator Investigasi dan Pendataan Tim Relawan, mengatakan berdasar analisanya, kerusuhan Mei 1998 berawal dari sentimen anti-Tionghoa yang telah lama berlangsung dan kemudian dimanfaatkan untuk memicu kericuhan akibat krisis moneter 1998.

Kerusuhan Mei 1998 menelan korban lebih dari 1.188 jiwa. Di dalamnya, setidaknya ada 85 perempuan yang mengalami perkosaan dan pelecehan seksual. Dan lebih dari 4000 gedung yang hancur dan terbakar. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90