Atnike Sigiro Dilantik Sebagai Ketua Komnas HAM 2022-2027

SUARADEWAN.com – Pada hari Jumat, tanggal 11 November 2022 telah diselenggarakan serah terima jabatan komisioner Komnas HAM untuk tahun 2022-2027 di Kantor Komnas HAM Jakarta.

Adapun para komisioner tersebut berjumlah sembilan, dan telah disahkan oleh DPR sejak Oktober 2022. Mereka adalah Atnike Nova Sigiro sebagau Ketua Komnas HAM, Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P Siagian, dan Uli Parulian Sihombing.

Baca Juga:  Natalius Pigai : Kepolisian Sangat Kooperatif

Atnike Nova Sigiro adalah Ketua Komnas HAM perempuan yang pertama. Ia menggantikan Ahmad Taufan Damanik. Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi Atnike dan berharap melalui kepemimpinannya dan fokusnya pada Komnas Perempuan, hak-hak perempuan akan lebih terjamin.

Haris Azhar, rekan seperjuangan Atnike dan sesama pendiri Lokataru Foundation, berujar tentang banyaknya pekerjaan rumah yang dimiliki Atnike dan kawan-kawan Komnas HAM. Beberapa di antaranya adalah penyelidikan kasus Munir yang baru saja dimulai oleh Komnas HAM.

Baca Juga:  Komnas HAM: Kasus Tewasnya Laskar FPI Harus Diproses Pidana

Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Orang Hilang (KontraS) Revanlee Anandar mengatakan bahwa Atnike harus mengawal penyelidikan Tragedi Kanjuruhan. “Negara harus bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan yang kami duga telah terjadi pelanggaran HAM,” tegasnya. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90