HomeDaerahSulutenggo

Pemdes Bongkudai Selenggarakan Pelatihan Pencegahan Stunting

Pemdes Bongkudai Selenggarakan Pelatihan Pencegahan Stunting

BOLTIM, SUARADEWAN.com — Pemerintah Desa Bongkudai, Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Menggelar Kegiatan Pelatihan Konvergensi Stunting dalam penerapan aplikasi eHDW dan pengisian Scorecard yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Iyotang, Rabu (08/09).

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri, Kepala Desa Bongkudai Asral Mamonto, Ketua BPD serta para anggota, Petugas kesehatan Muliyanti Mamonto A.md Gz, Tenaga Ahli Kabupaten Ridwan Arasj, Kader posyandu, Pendamping desa, serta warga masyarakat.

Tenaga Ahli Kabupaten Ridwan Aradj mengatakan, Kegiatan pelatihan Konvergensi Stunting ini tekait pencegahan dan tata cara pengisian Scorecard untuk kepentingan pemantauan terhadap ibu hamil dan anak usia nol sampai dua tahun.

Baca Juga:  Wabub Oskar Buka Launching Kampung Tangguh Nusantara di Kecamatan Kotabunan

“Pelatihan ini sangat penting dikarenakan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur saat ini menjadi salah satu lokus pencegahan Stunting di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Mulyanti Mamonto A.md Gz yang juga Sebagai pemateri di Kegiatan pelatihan tersebut menuturkan, bagi para ibu hamil dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan anak yang tidak normal baik fisik maupun mentalnya.

Baca Juga:  Bupati Boltim Terpilih SSM Bersama Walikota Kotamobagu Silaturahmi di Kediaman Gubernur Sulut

“Yang dimaksud Stunting ini jika pertumbuhan seorang anak dibandingkan anak seusianya tidak sama. Pertumbuhan badannya lambat dibanding anak seusianya atau kerdil, hal ini sudah bisa disebut stunting,” ungkapnya.

Mulyanti juga menambahkan, persoalan stunting di Indonesia kebanyakan karena masalah kesehatan yang disebabkan kekurangan gizi kronis. Sehingga, ia mengimbau masyarakat terutama ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi. (DM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0