HomeDaerahSulutenggo

Pemdes Moonow Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF), Stop Buang Air Besar Sembarangan Tempat

Pemdes Moonow Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF), Stop Buang Air Besar Sembarangan Tempat

BOLTIM, SUARADEWAN.com — Pemerintah Desa (Pemdes) Moonow, Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, (Boltim) Rabu (08/12), Menggelar Deklarasi Desa Open Defecation free (ODF), yaitu Pernyataan desa yang telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan tempat, setelah memenuhi proses verifikasi yang dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan Deklarasi ODF yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Desa Moonow Ini turut dihadiri, Pemerintah Kecamatan, Dinas kesehatan, dan tokoh masyarakat setempat.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Baca Juga:  Program PISEW dari Kementerian PUPR Bantu Pemdes Moonow Bangun Infrastruktur Jalan

Kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) khususnya pilar pertama atau stop buang air besar sembarangan bisa dilakukan dengan berbagai upaya dan sumber dana yang ada, salah satunya adalah anggaran dana desa (ADD) sehingga capaian universal akses tahun 2023 dapat tercapai.

Baca Juga:  Pemdes Moonow Modayag Barat Mulai Salurkan BLT Tahap I TA 2021

Kepala desa Moonow Indra Damopolii dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimkasih kepada pihak terkait dalam kerja samanya sehingga Desa Moonow dapat bergotong royong untuk mewujudkan keluarga sehat dan terbebas dari buang air besar sembarangan.

“Pada saat pandemi Covid-19 kita harus slalu menjaga kesehatan dan kebersihan yaitu salah satunya adalah buang air besar sembarangan. Alhamdulillah Desa Moonow telah melaksanakan verifikasi bahwa Masyarakat Moonow 100% telah stop membuang air besar sembarangan,” ungkapnya. (DM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0