Pemerintah akan Berlakukan Larangan Ekspor Bijih Bauksit

SUARADEWAN.com – Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan memberlakukan larangan ekspor bijih bauksit serta mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri yang berlaku mulai Juni 2023 mendatang.

Untuk diketahui bersama Bauksit adalah mineral yang tersusun dari oksida aluminium yang ditemui dalam tiga bentuk mineral yaitu buhmit (Al2O3.H2O), diaspor (Al2O3.H2O), dan mineral gibsit (Al2O3.3H2O).

Jokowi mempredeksi dengan merealisasikan industrialisasi bauksit akan ada kenaikan pendapatan negara yang tidak sedikit.

“Melalui industrialisasi bauksit di dalam negeri tersebut, saya memperkirakan pendapatan negara akan meningkat dari Rp21 triliun menjadi sekitar Rp62 triliun,” tulisnya di instagram @jokowi. Dikutip Rabu (21/12/22).

Tujuan pemerintah mengambil kebijakan tersebut, lanjut Jokowi, adalah untuk mewujudkan kedaulatan sumber daya alam dalam rangka membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

Dengan berbagai kebijakan yang dilakukan oleh penerintah Indonesia Jokowi memperkirakan tahun ini nilai ekspor nikel akan tembus lebih dari Rp468 triliun atau lebih dari 30 miliar USD.

“Kebijakan ini diambil pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan sumber daya alam dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, utamanya dalam rangka pembukaan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya dan peningkatan devisa serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata,” tandasnya.

“Sebelumnya, sejak 1 Januari 2020, pemerintah telah memberlakukan larangan ekspor bijih nikel. Melalui kebijakan tersebut, Indonesia berhasil meningkatkan nilai ekspor nikel hingga 19 kali lipat yang semula hanya Rp17 triliun atau 1,1 miliar USD di akhir tahun 2014 menjadi Rp326 triliun atau 20,9 miliar USD pada tahun 2021. Perkiraan saya, tahun ini nilai ekspor nikel akan tembus lebih dari Rp468 triliun atau lebih dari 30 miliar USD,” sambungnya.

Komitmen pemerintah untuk melakukan hilirisasi dengan konsusisten, kata Jokowi, tidak lain bertujuan untuk memajukan dan mensejahterakan rakyat.

“Pemerintah akan terus konsisten melakukan hilirisasi di dalam negeri agar nilai tambah dinikmati di dalam negeri untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90