Hankam  

Pemerintah Alokasikan Basis Militer Nasional ke Wilayah Perbatasan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan yang saat ini gencar dilakukan oleh Pemerintah. Pembangunan yang dilakukan untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah ini akan disertai dengan meningkatnya sektor perekonomian di wilayah tersebut.

Selain itu, pembangunan infrastruktur ini juga merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga keamanan nasional di wilayah perbatasan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Wiranto mengungkapkan pemerintah akan mengalokasikan basis militer nasional yang selama ini terpusat di pulau Jawa, untuk dialihkan ke daerah perbatasan.

“Kami bisa merelokasi yang terpusat di Jawa ke daerah yang menjadi sentra ekonomi baru. Ini sudah sesuai dengan keinginan Presiden,” tutur Wiranto, Kamis (8/7/17).

Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerataan ekonomi pemerintah di wilayah-wilayah perbatasan. Perekonomian di daerah perbatasan diperkirakan akan semakin bergeliat dengan adanya pembangunan infrastruktur yang saat ini dalam tahap pengerjaan.

Lebih lanjut Wiranto menjelaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah perbatasan terpanjang di dunia. Kondisi ini, sebut Wiranto akan menjadi celah ancaman bagi keamanan NKRI jika tidak disertai dengan dukungan dari militer.

“Lubang perbatasan kita tidak tercover. Masih ada ancaman kedaulatan kita, baik itu human traffic dan narkoba masih ada,” ungkapnya. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90