Pemerintah Buka Program Prakerja 2023

Menko Airlangga Hartarto memberikan keterangan Program Kartu Pra Kerja 2023. (Foto: setkab.go.id)

SUARADEWAN.com – Pemerintah kembali membuka Program Kartu Prakerja memasuki tahun 2023. Program tersbut berubah pelaksanaannya dari tahun sebelumnya yang menerapkan sistem semi bansos.

Pemerintah menargetkan 1 juta penerima program Pra Kerja pada tahun 2023 ini.

“Program Kartu Prakerja ini dilanjutkan di tahun 2023 dengan skema normal. Sekali lagi, skemanya bukan semi bansos [bantuan sosial] lagi tetapi skema normal, yang diatur dalam Perpres Nomor 113 Tahun 2022 dan pelaksanaannya oleh Permenko Perekonomian 17/2022,” jelas Menko Airlangga Hartarto.

Untuk itu pemerintah menyediakan dana hingga 2,67 triliun rupiah untuk 595.000 peserta. Sedangkan sisanya pemerintah sedang mengajukan penambahan anggaran hingga 1,7 triliun rupiah.

Dalam Program Pra Kerja Tahun ini, pemerintah akan mengadakan pelatihan Pra Kerja dengan sistem luring, daring, dan bauran.

Pelatihan luring ditujukan pada Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

“Ini pelatihannya secara offline secara bertahap diawali di sepuluh provinsi dan ini pembukaan gelombang pertamanya dilakukan di triwulan I-2023. Untuk tahap pertama ini di beberapa daerah, adalah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalbar, Sumut, Sulsel, Bali, NTT, dan Papua,” tutur Airlangga.

Bantuan yang diterima peserta pun akan disesuaikan, yakni Rp4,2 juta per individu, dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Selain itu pemerintah akan meningkatkan durasi pelatihan menjadi minimal 15 jam.

Ditambah lagi penerima bansos dari kementerian/lembaga lainnya, seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH) diperbolehkan untuk menjadi peserta Kartu Prakerja yang berfokus pada peningkatan kompetensi kerja ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90