Tujuh Stasiun TV “Bandel” Masih Siaran Analog

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Tujuh stasiun televisi masih melakukan siaran analog hingga hari ini. Mereka adalah MNC TV, Global TV, RCTI, INews, TV One, ANTV, dan Cahaya TV.

Siaran analog tersebut masih berlangsung meski pemerintah telah melakukan Analog Switch Off (ASO) pada hari Kamis, 3 November 2022.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan bahwa stasiun-stasiun televisi tersebut bersikap bandel.

Beliau menjelaskan bahwa kebijakan ASO dan migrasi dari siaran analog ke digital sudah lama dikoordinasikan dan telah dibentuk undang-undangnya. Untuk sanksinya, maka pemerintah akan mencabut izin stasiun radion (ISR) dari stasiun-stasiun televisi tersebut.

Baca Juga:  Pengamat: Dominasi Oligarki Politik di Indonesia Menguat Jika Ambang Batas Parlemen Dinaikkan

Peralihan siaran analog ke digital ini bertujuan memperbaiki kualitas siaran. Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, ketika menghitung mundur ASO, mengatakan, “Kami berharap dengan masuk ke era siaran digital, akan muncul variasi konten yang lebih meningkat kualitasnya, mengangkat kultur dan budaya supaya dikenal luas.”

Baca Juga:  Pernyataan Mahfud MD Soal Hak Angket, Hoax

ASO adalah keputusan yang dibuat oleh International Telecommunication Union, atau Persatuan Telekomunikasi Internasional yang bermarkas di Jenewa, Swiss. Dan di Asia Tenggara, hanya Indonesia dan Timor Leste yang belum melakukannya.

Di Jabodetabek, suntik mati siaran analog ini telah dilakukan tanggal 2 November 2022 pada pukul 24.00 WIB. Warga dihimbau untuk menggunakan televisi digital, atau melengkapi set top box pada televisi analog sehingga dapat menangkap siaran televisi digital. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90