HomeHankam

Pemerintah Perkuat Daerah Perbatasan dengan Fillipina untuk Antisipasi ISIS

Pemerintah Perkuat Daerah Perbatasan dengan Fillipina untuk Antisipasi ISIS

JAKARTA, SUARADEWAN.com –  Pemerintah Indonesia memperkuat daerah perbatasan dengan Sulu Fillipina untuk mengantisipasi masuknya anggota ISIS dari negara tersebut ke wilayah Indonesia. Pasalnya, saat ini kelompok teror tersebut tengah berperang dengan pasukan keamaan Fillipina di kota Marawi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto, usai menghadiri acara buka bersama di kantor DPP Partai Dasdem di Jakarta, Minggu (28/5).

“Kan ada kekhawatiran mereka terurai dan masuk ke Indonesia. Kita sudah mempersiapkan secara serius wilayah yang berbatasan dengan Sulu sepanjang itu kita perkuat aparat teritorial termasuk kepolisian untuk mewaspadai larinya mereka dalam gempuran melarikan diri ke indonesia,” kata Wiranto.

Baca Juga:  Komnas HAM: Jangan Salah Kaprah Tentang Diksi "Pemulangan" Eks ISIS

Meskipun begitu, Wiranto meminta masyarakat Indonesia untuk tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, Pemerintah sudah memiliki kerjasama dengan Filipina terkait patroli maritim di wilayah perbatasan untuk menjaga lolosnya kelompok teroris ISIS dari Filipina ke Indonesia.

Baca Juga:  JAD Dukung Aksi ISIS di Marawi Fillipina

“Kami mendukung upaya Filipina untuk menggempur itu. Sudah saya tanya ke Panglima TNI meperkuat posisi agar tidak ada pelolosan,” tukasnya.

Sebelumnya, anggota kelmpok teror Abu Sayyaf Fillipina yang terafiliasi dengan ISIS menyerang kota Marawi sebagai bentuk protes atas rencana penangkapan pimpinan mereka, Isnilon Hapilon, oleh pihak keamanan Fillipina.

Diketahui sudah ada belasan korban dari peristiwa berdarah itu baik dari pihak ISIS maupun Pemerintah Fillipina. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0