Pemerintah Tetapkan Lagi PPKM Level 1 Seluruh Tanah Air

SUARADEWAN.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilaksanakan kembali oleh pemerintah untuk seluruh wilayah tanah air.

Selama 14 hari, yakni pada tanggal 8-21 November 2022, untuk wilayah Jawa-Bali. Dan selama 28 hari, tanggal 8 November hingga 5 Desember, untuk daerah di luar Jawa-Bali.

Hal ini dikarenakan lonjakan Covid yang terjadi akhir-akhir. Melansir Sindonews.com tanggal 3 Nivember 2022, pertambahan kasus Covid adalah sebanyak 4.951 kasus, dengan angka kematian sebanyak 42 orang.

Baca Juga:  Banyak Dicari, Inilah Manfaat Kopi Jawa bagi Kecantikan

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal, mengatakan agar seluruh jajaran pemerintahan daerah tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Warga juga dihimbau untuk segera mengikuti vaksinasi ketiga atau booster.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menuturkan lonjakan yang terjadi disebabkan munculnya varian baru virus Covid yang masuk ke Indonesia. Varian tersebut adalah XXB, XXB 1, dan BQ 1. Varian XXB memiliki daya sebar lebih cepat dari kedua varian lain, namun juga menurun dengan cepat.

Baca Juga:  INDEF: Indonesia Bisa Krisis Karena Lockdown di Jakarta

Budi juga menjelaskan varian lain yang sempat menyebar adalah Omicron B4 dan B5 yang membuat lonjakan kasus Covid pada Agustus 2022. Varian BA 1 dan BA2 membuat lonjakan pada Januari-Februari  dan Mei 2022. Lonjakan pada Mei 2022 ini sangat besar karena kasus yang masuk hingga berjumlah 60.000 per hari. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90