DPR RI  

Penambahan Dana Partai Politik, Wakil Ketua DPR RI: Harus Transparan dan Akuntabel

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua DPR RI Agus Hernanto menegaskan hasil keputusan rapat di Senayan terkait rencana penambahan dana bagi partai politik.

Seperti diutarakannya dalam pernyataan persnya, Agus menyatakan bahwa dana partai politik harus tetap transparan dan akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Penggunaan dana partai politik harus transparan dan akuntabel dengan diaudit oleh auditor independen yang dapat diketahui masyarakat secara luas. Sehingga masyarakat dapat ikut mengawasi dari penggunaan anggaran yang diperuntukkan untuk dana partai politik tersebut,” terang Agus di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Sebelumnya Agus juga menyampaikan bahwa penambahan dana partai politik dari Rp 108 menjadi Rp 1000 ini merupakan implementasi dari hasil keputusan rapat antara pemerintah dan DPR.

Adapun penyerahan dana partai politik ini, lanjutnya, harus diberikan kepada partai politik sesuai dengan tingkatannya.

“Perolehan suara dari partai politik yang bersangkutan juga harus disesuaikan,” tandas Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa penambahan dana partai politik ini tidak ada hubungannya dengan presidential threshold atau isu-isu krusial yang sedang dibahas dalam pansus RUU Pemilu. Yang menjadi penekanan di dalamnya adalah bahwa dana tersebut harus transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat luas. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90