HomeKorupsi

Pengadilan Tipikor Surabaya Jatuhkan Vonis 2 Tahun Penjara Pada Dahlan Iskan

Pengadilan Tipikor Surabaya Jatuhkan Vonis 2 Tahun Penjara Pada Dahlan Iskan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pengadilan Tipikor Surabaya menjatuhkan vonis hukuman 2 tahun penjara dengan penahanan kota dan denda Rp 100 juta terhadap Mantan Menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan.

“Menghukum terdakwa Dahlan Iskan dengan penjara 2 tahun, dan denda 100 juta subsider 2 bulan penjara,” bunyi vnis yang dibackan oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh M Tahsin, di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (21/4/17).

Dahlan dinyatakan bersalah karena terbukti korupsi secara bersama-sama pada pelepasan aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemprov Jatim.

“Terdakwa secara sah dan terbukti melakukan korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan subsider,” sebutHakim Ketua M Tahsin.

Dahlan dibebaskan dari dakwaan primer pasal 2 ayat (1) Undang-undang Pembarantasan Tindak Pidana Korupsi, tetapi menghukum Dahlan dari dakwaan subsider pasal 3 undang-undang yang sama.

Usai mendengar vonis tersebut, Dahlan beserta kuasa hukumnya menyatakan banding atas putusan hakim tersebut.”Setelah berkoordinasi dengan kuasa hukum saya nyatakan banding,” kata Dahlan.

Sebelumnya Dahlan Iskan dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 750 juta, subsider enam bulan kurungan, serta membayar ganti rugi negara Rp 8,3 miliar oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: