HomeSosial Budaya

Pengamat Politik: Jakarta Harus Menjadi Contoh

Pengamat Politik: Jakarta Harus Menjadi Contoh

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sabtu, 04 Februari 2017, Leaders Center berkesempatan menyelenggarakan Diskusi Publik bertema “Mewujudkan Pilkada yang Aman, Damai, dan Demokratis”. Acara yang bertempat di Menteng, Jakarta Pusat ini tentu menjadi hal yang sangat krusial mengingat panasnya gejolak perpolitikan hari ini, terutama yang tengah terjadi di DKI Jakarta.

Menurut Pengamat Politik Literasi Studies UIN Jakarta, Adi Prayitno, DKI Jakarta, dalam hal ini penyelenggaraan Pilkadanya, harus menjadi contoh ideal bagi penyelenggaraan Pilkada di daerah-daerah Indonesia lainnya. Sebagai Ibukota, Pilkada DKI Jakarta jelas menjadi prototype bagi penyelenggaran Pilkada secara umum.

“Tentu saja Pilkada DKI Jakarta harus menjadi barometer, prototype, contoh ideal bagi penyelenggaraan Pilkada Nasional Tahap II. Beberapa tahapannya, seperti pendataan sampai pemilihan harus clear,” tandas Adi.

Ia juga mengingatkan bahwa Jakarta harus terhindar dari isu-isu yang kurang elok di mata masyarakat, terutama praktik politik yang tidak sehat.

“Selanjutnya, Jakarta secara umum juga harus dihindarkan dari isu-isu yang tidak bagus, seperti menghindari black campaign, money politic, dan upaya saling serang antar paslon atau pendukung paslon,” lanjutnya.

Ya, dua hal di atas itulah yang patut mendapat perhatian masyarakat secara bersama. Sebagaimana usul Adi, ini penting untuk menilai kualitas Pilkada di DKI Jakarta yang nantinya bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain.

“Pilkada DKI Jakarta harus kita jaga. Kita tak mau jika Pilkada di DKI hanya bisa menjadi contoh yang buruk bagi perpolitik nasional kita sendiri,” tegasnya. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0