HomeHukum dan HAM

Perekayasa Percakapan Kapolri Akhirnya Tertangkap

Perekayasa Percakapan Kapolri Akhirnya Tertangkap

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pelaku perekayasa percakapan antara Kapolri dan Kapolda Jawa Barat akhirnya tertangkap. Ia ditangkap di Jalan Taman Sari, Bantan Tua, Bengkalis, Riau pada 3 Maret 2017 malam lalu.

“Tersangka (sudah) ditahan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul, Sabtu (4/3/2017).

Seperti diketahui, tersangka bernama Puji Anugrah Laksono (37) ini ditangkap sesuai laporan polisi bernomor LP/234/III/2017/Bareskrim tanggal 1 Maret 2017. Adapun barang bukti yang disita adalah satu buah ponsel merk Nokia 1110 dan satu sabak digital (tablet).

Baca Juga:  Sebut Jenderal Terlibat Penyiraman Air Keras, Kapolri: Berikan Buktinya, Sebut Namanya

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Direktorat Cyber Bareskrim Mabes Polri, penangkapan Puji ini karena dugaan adanya pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Tersangka diduga sengaja mengunggah dan menyebarkan gambar yang sebelumnya telah direkayasa melalui media sosial.

Dalam akun pribadinya, Puji memang menyebar percakapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Anton Charliyan yang sudah direkayasa. Puji juga diduga mengedit foto Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Polda Jabar Tindak Tegas Ormas Manapun yang Sweeping di Bulan Ramadhan

Tampak dalam percakapan fiktif tersebut, Tito memerintahkan Anton untuk menyiapkan orang yang berperan sebagai teroris di Bandung. Tito seolah-olah membuat skenario mengenai kasus bom panci yang meledak beberapa hari lalu. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0