Masjid Sheikh Zayed Solo: Persahabatan Indonesia-Uni Emirat Arab

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al-Nahyan telah meresmikan Masjid Sheikh Zayed Solo pada Senin, tanggal 14 November 2022.

Masjid Sheikh Zayed Solo yang terletak di Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah ini adalah replika dari Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Dan merupakan hadiah Pangeran Uni Emirat Arab untuk Presiden Joko Widodo.

Pembangunan masjid ini menelan biaya hingga 300 milyar dan berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar. Luas masjid memungkinkan untuk menampung hingga 10.000 jemaah.

Baca Juga:  Hari Raya Nyepi, Masjid-Masjid di Bali Kumandangkan Adzan tanpa Toa

Gibran Rakabuming, Walikota Solo, mengatakan dalam akun instagramnya, @gibran_rakabuming, masjid ini adalah simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia. Selain itu akan menjadi pusat pengajaran Islam dan destinasi wisata religi di Solo.

Keistimewaan bangunan dari Masjid Sheikh Zayed Solo antara lain kubah masjid yang berjumlah 82 buah yang bergaya Maroko dengan hiasan batu pualam putih. Lantai dan sebagian dindingnya dilapisi dengan marmer yang didatangkan dari Italia. Pelataran masjid tersebut serupa dengan Masjid Badshahi di Kota Lahore, Pakistan, yang bergaya Mughal.

Baca Juga:  Agar Tak Berpaham Radikal, KH Jujun Junaedi : Belajar Islam Langsung dari Gurunya, Jangan dari YouTube

Bangunan masjid terdiri dari dua lantai, dengan luas bangunan 8.000 meter persegi. Terdapat fasilitas ruang VIP, dan basement sebagai tempat wudhu. Ada juga perpustakaan seluas 20 meter persegi. Tidak jauh dari masjid akan dibangun Islamic Center. (***)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90