HomeSosial Budaya

Peringatan Hardiknas, Mayoritas Pemda Belum Terapkan 20% APBD untuk Pendidikan

Peringatan Hardiknas, Mayoritas Pemda Belum Terapkan 20% APBD untuk Pendidikan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, mengungkapkan, sejauh ini baru ada satu provinsi dan lima kabupaten/kota yang menerapkan APBD 20 persen untuk pendidikan.

Padahal, alokasi anggaran tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kerja-kerja peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Mendikbud usai meminpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kompleks Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (2/5).

Baca Juga:  Mendikbud Ingin Tambah Jam Sekolah, MUI Khawatir dan PBNU Tak Sepakat

“Baru ada Provinsi DKI Jakarta dan lima kabupaten/kota yang menerapkan 20 persen APBD murni untuk pendidikan. Saya rasa itu jalan terbaik untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” kata Muhadjir.

Untuk itu, ia mengimbau pada seluruh pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia supaya segera dan konsisten mengalokasikan APBD sebanyak 20 persen untuk biaya pendidikan. Sebab, hal itu sudah sesuai dengan amanah UUD 1945 yang menghendaki kehidupan bangsa yang cerdas dan terdidik.

Baca Juga:  Rektor STIE AD Jakarta Himbau Pemerintah Untuk Intropeksi dan Mawas Diri

Muhadjir menambahkan, Kemendikbud dibawah kepeimpinannya akan fokus untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas pada seluruh anak bangsa di setiap jengkal tanah Indonesia.

“Pendidikan merata dan berkualitas sampai pelosok akan menjadi fokus Kemendikbud saat ini. Dan itu sesuai amanah UUD 1945,” tukasnya. (ZA/trb)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0