Perubahan Iklim: Maksud dan Dampaknya

SUARADEWAN.com – Sejak beberapa saat yang lalu istilah perubahan iklim sering kita dengar. Salah satunya berasal dari pertemuan G20 di Bali, yang membicarakan pemulihan ekonomi global dan pemulihan perubahan iklim.

Bahkan terjadi kesepakatan yang melibatkan dana besar untuk segera melakukan koreksi yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil agar perubahan iklim tidak menjadi semakin buruk.

Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan ‘perubahan iklim’?

Menurut lama ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/ ‘perubahan iklim’ adalah perubahan signifikan kepada iklim, suhu udara dan curah hujan mulai dari dasawarsa sampai jutaan tahun.

Perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca tersebut, disebabkan oleh berbagai kegiatan manusia seperti emisi bahan bakar fosil, perubahan fungsi lahan , limbah dan kegiatan-kegiatan industri.

Dampak Negatif Perubahan Iklim

Perubahan iklim berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat.

Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia.

Beberapa contoh dampak buruk perubahan iklim adalah gagal panen, cuaca ekstrim, dan meningkatnya wabah penyakit, seperti dijelaskan di bawah ini:

Terlalu tingginya curah hujan akan mengakibatkan menurunnya kualitas sumber air.

Selain itu, kenaikan suhu juga mengakibatkan kadar klorin pada air bersih.

Pemanasan global akan meningkatkan jumlah air pada atmosfer, yang kemudian meningkatkan curah hujan.

Meski kenaikkan curah hujan sebetulnya dapat meningkatkan jumlah sumber air bersih, namun curah hujan yang terlalu tinggi mengakibatkan tingginya kemungkinan air untuk langsung kembali ke laut, tanpa sempat tersimpan dalam sumber air bersih untuk digunakan manusia. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90