HomeHukum dan HAM

PN Bandung Gelar Sidang Perdana Buni Yani

PN Bandung Gelar Sidang Perdana Buni Yani

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pengadilan Negeri Bandung menggelar sidang perdana kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Buni Yani, Selasa (13/6/17). Sidang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Kuasa hukum Buni Yani, Aldwin Rahadian yakin kliennya akan lolos dari tuntutan hukum yang menjeratnya. Menurutnya, video pernyataan Basuki Tjahaj Purnama yang diunggah Buni Yani hanyalah bentuk kritikan.

“Ahok sudah divonis, artinya secara logika Buni Yani lepas dari segala tuntutan. Tapi, kami sebagai warga negara yang taat hukum, kami ikuti saja proses peradilannya,” ujar Aldwin.

Baca Juga:  Ketua Komisi IV DPRD Tangsel, Laporkan Ujaran Kebencian di Medsos ke Mapolres

Sementara itu, Aliansi Pergerakan Islam (API) Jawa Barat akan ikut mengawal jalannya sidang. Mereka akan mengerahkan massa dan menuntut proses hukum Buni Yani dihentikan.

“Kita meminta agar proses persidangan Buni Yani untuk dihentikan. Buni Yani harus dibebaskan. Captionnya di Facebook sesuai dengan kenyataan bahwa Ahok menistakan agama. Majelis hakim juga sudah menyatakan Ahok bersalah. Buni Yani tidak memprovokasi, dia hanya mengekspresikan perasaan tidak nyaman ketika Alquran dinistakan,” tutur Ketua API Jawa Barat Asep Syaripudin.

Pihak PN Bandung menyebutkan sidang akan diketuai oleh M. Sapto. Selain itu, ada empat hakim disiapkan yakni, M. Razzad, Tardi, Judjianto Hadi Laksana, dan I Dewa Gede Suarditha

Baca Juga:  Tidak Ada Kampus yang Mau Terima Buni Yani

Sidang ini juga akan digelar dengan pengaman yang ketat dengan melibatkan 523 personil dari Polrestabes Bandung.

Pengamanan akan dilakukan dengan empat ring. Ring pertama yakni ruang sidang. Ring kedua di lingkungan PN Bandung, Ring Ketiga yakni pengaman di luar pengadilan yang menjaga aksi massa dan pengaturan lalu lintas, selanjutnya pengawalan akan dilakukan untuk terdakwa dan majelis hakim. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0