oleh

Polda Sulawesi Selatan Telusuri Aliran Dana Jemaah Umrah Abu Tours

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Penyidik Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan masih menyidik kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana jemaah oleh perusahaan penyedia jasa travel umrah Abu Tours. Polisi fokus mencari tahu aliran dana jemaah yang disetor kepada perusahaan itu.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, penyidik telah memeriksa setidaknya 18 saksi terkait kasus ini. Saksi antara lain pegawai dan mantan pegawai Abu Tours ditambah saksi ahli dari Kementerian Agama.“Kita masih akan menambah saksi-saksi, kemudian mengumpulkan alat bukti. Penyidikan masih panjang,” tutur Dicky di Makassar, Selasa (6/3).

Sejumlah saksi dari perusahaan Abu Tour mengaku telah menerima setoran awal calon jemaah yang hingga kini belum diberangkatkan. Jumlahnya ditaksir Rp200 miliar. Sebelumnya perusahaan menyatakan kesulitan finansial sehingga pemberangkatan tertunda. “Makanya kita telusuri ke mana uang jemaah. Pengakuan sejumlah direktur perusahaan, uang diinvestasikan ke tempat lain. Seperti apa dan dalam bisnis apa, sementara kita kejar,” ujar Dicky.

Diberitakan sebelumnya, ratusan jemaah umrah Abu Tours dari berbagai daerah melaporkan perusahaan itu karena batal berangkat sesuai jadwal, pada awal tahun 2018. Mereka umumnya menyetor ongkos umrah di sepanjang tahun 2017, dengan nilai bervariatif, antara Rp15 juta hingga Rp20 juta.

Abu Tours diduga melanggar Undang-undang nomor 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, serta Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Hingga kini pihak perusahaan belum mengeluarkan pernyataan soal kasus tersebut.

Dalam maklumat perusahaan pada Februari lalu, CEO Abu Tours Muhammad Hamzah Mamba menjelaskan bahwa perusahaan tengah mengalami permasalahan internal, antara lain kesulitan finansial. Salah satu penyebabnya adalah beban perusahaan akibat penetapan pajak progresif 5 persen oleh pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia. (af)

Baca Juga:  Hina Presiden Tim Siber Polda Sulsel Tangkap Buruh Bangunan
Baca Juga:  Mencoba Melarikan Diri, Bandar Sabu Ditembak Hingga Tewas

Komentar

Berita Lainnya