HomeHukum dan HAM

Polisi Periksa Napi yang Kendalikan 1,2 juta Butir Ekstasi dari Lapas Nusakambangan

Polisi Periksa Napi yang Kendalikan 1,2 juta Butir Ekstasi dari Lapas Nusakambangan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri sebelumnya melayangkan surat ke Dirjen Pas Kementerian Hukum dan HAM untuk meminta izin melakukan pemeriksaan pada Napi Aseng di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Nusakambangan.

Pasalnya, Aseng diduga berperan sebagai pengendali sindikat narkoba yang belum lama ini ditangkap oleh Dittipidnarkoba Bareskrim Polri bersama Ditjen Bea Cukai. Dalam penangkapan itu petugas mengamankan barang bukti 1,2 juta butir pil ekstasi yang berasal dari Belanda.

Baca Juga:  Tidak Hanya Indonesia, 4 Negara Lain Juga Buru Kapal Pengangkut 1 Ton Sabu

Setelah mendapatkan izin dari Dirjen Pas Kemenkumham, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri langsung melakukan pemeriksaan terhadap Aseng, Jumat (4/8) ini.

“Surat kita ke Dirjen Pas Menkumham disetujui untuk melakukan pemeriksaan tersangka Aseng,” kata Direktur Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto kepada wartawan, Jumat (4/8).

Dijelaskan Eko, saat ini tim Polri sudah tiba di Lapas Nusakambangan dan tengah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Aseng.

“Saat ini tim penyidik sudah tiba di LP Nusakambangan dan pemeriksaan tengah berlangsung,” paparnya.

Baca Juga:  Artis Dalam Pusaran Narkoba

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memutuskan untuk mencopot Kalapas Nusakambangan Abdul Haris sebab dinilai sudah lalai dalam menjalankan tugasnya. Yasonna menyayangkan kenapa sampai terjadi pengendalian narkoba oleh Napi dari dalam Lapas.

“Ya memang konsekuensinya begitu. Siapa pun itu, apa pun itu harus bertanggung jawab,” kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/8). (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: