HomeHukum dan HAM

Polisi Tangkap Paranormal Gendeng yang Unggah Video di Youtube

Polisi Tangkap Paranormal Gendeng yang Unggah Video di Youtube

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Polda Metro Jaya menangkap paranormal Ki Gendeng Pamugkas karena dinilai memprovokasi ujaran kebencian berbau Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA) di Youtube.

Gendeng mengunggah video bernuansa kebencian terhadap etnis-China di Youtube. Selain itu ia juga menggunakan atribut berupa pakaian yang menguatkan aktifitas provokasi SARA-nya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono. Diterangkan Argo, saat ini yang bersangkutan sudah diamankan di tahanan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Yang bersangkutan ini, intinya berujar kebencian berdasarkan SARA di Youtube. Dia mengunggah, sedang bicara yang menyinggung SARA, ‘anti-China di Youtube,” kata Argo pada wartawan, Rabu (10/5).

Dari penangkapan itu Polisi menyita barang bukti 1 unit ponsel, jaket jeans dengan tulisan ‘Fight Againts Cina’, 67 kaus atau baju dengan tulisan anti-China, 1 topi Front Pribumi warna hitam, 1 bangku, 4 pisau sangkur, 2 air softgun, sejumlah stiker dan badge dengan tulisan anti-China, recorder CCTV, dan kartu identitas Gendeng.

Atas perbuatannya itu, Gendeng disangka sudah melanggar Pasal 4 huruf b jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 156 KUHP tentang Perbuatan Menunjukkan Kebencian karena Perbedaan Ras dan Etnis. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: