HomeKriminal

Polisi Tangkap Santri yang Hina Presiden dan Kapolri

Polisi Tangkap Santri yang Hina Presiden dan Kapolri

JAKARTA, SUARADEWAN. com – Tim Cyber Crime Polda Jawa Timur menangkap seorang remaja yang membuat dan menyebarkan meme yang menghina Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito karnavian, pada Jumat (9/6/17).

Pelaku diketahui bernama Burhanuddin (20), seorang santri di sebuah Pondok Pesantren (Ponpes) di Karang Panas, Pasrepan, Pasuruan, Jawa Timur,

“Yang bersangkutan melakukan ujaran kebencian terhadap pejabat negara Indonesia dan beberapa pejabat Kepolisian RI,” tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (9/6/17).

Gamba-gambar (meme) yang diunggah pelaku melaui akun facebook pribadinya, Elluek Ngangenie bernada hinaan. Dalam beberapa meme yang dibuatnya, pelaku mengedit sebuah poto Presiden Jokowi sedang duduk diantara tumpukan ban layaknya seorang penambal ban.

Selain itu, pelau juga mengunggah dan menyebarkan foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yang berjajar dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol RP Argo Yuwono.

‘INI DIA PENG-UPLOAD CHAT FITNAH MESUM HABIB RIZIEQ SYIHAB” bunyi keterangan dalam meme yang diunggah oleh pelaku.

Tersangka mengaku mengedit dan memposting gambar yang bernada penghinaan dan fitnah terhadap Presiden Jokowi, Kapolri Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya M Iriawan, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono atas inisiatif dan keinginannya sendiri.

Dirinya mengku motifnya menyebarkan meme-meme tersebut karena emosi melihat sejumlah kasus yang melibatkan umat islam termasuk menjerat imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Ia menilai saat ini  umat islam disudutkan.

“Saya marah melihat agama saya direndahkan,” seru pemuda yang mengaku sebagai pengagum FPI ini. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: