HomeHukum dan HAM

Politikus Hanura Miryam S Haryani Jadi Buronan KPK

Politikus Hanura Miryam S Haryani Jadi Buronan KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggota DPR RI Miryam S. Haryani resmi menjadi buronon Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada kepolisian untuk memasukkan nama Miryam sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Miryam merupakan tersangka dugaan memberi keterangan tidak benar atau keterangan palsu dalam persidangan korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto terkait kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

“KPK sudah kirimkan surat dan mengirimkan hari ini kepada Kapolri dan NCB (National Central Bureau, Interpol Indonesia) terkait dengan memasukkan salah satu nama di Daftar Pencarian Orang, yaitu tersangka MSH,” terang Febri, di Kantornya, Kamis (27/4/17).

Baca Juga:  Ternyata Ahok Juga Terlibat dalam Proyek e-KTP

Febri mengungkapkan, pengiriman permintaan DPO terhadap Miryam karena yang bersangkutan sudah beberapa kali mangkir dari pemanggilan untuk pemeriksaaan KPK. Febri melanjutkan, pengiriman permintaan DPO juga dengan mempertimbangkan sejumlah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“MSH dipanggil secara patut dan kemudian menjadwalkan ulang ketika pihak pengacara datang mengatakan yang bersangkutan sakit. Kami jadwalkan ulang setelah surat keterangan dokter tersebut, bahkan sampai hari ini kami belum menerima kedatangan dari tersangka MSH,” kata Febri.

Baca Juga:  Ketum Hanura: Miryam Akan Dipecat Jika Terbukti Korupsi e-KTP

KPK meminta kepada pihak kepolisian dan jajarannya untuk melakukan penangkapan terhadap Miryam. “Kami tentu melakukan koordinasi juga dengan pihak kepolisan tentang hal ini. Jika penangkapan sudah dilakukan, maka itu diserahkan ke KPK dan kami akan berkoordinasi lebih lanjut,” pungkasnya. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: