HomeDPR RI

Politikus PKS Ini Tuding Ketua KPK Ancam Pejabat Kemendagri

Politikus PKS Ini Tuding Ketua KPK Ancam Pejabat Kemendagri

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dituding pernah mengancam pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu disampaikan oleh politikus PKS Fahri Hamzah, pengusul hak angket DPR RI terkait dugaan korupsi e-KTP yang merugikan negara triliunan rupiah, dan melibatkan sejumlah nama angota DPR RI ini.

Menurut Fahri, ancaman itu dilakukan Agus pada saat yang bersangkutan masih menjabat sebagai kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). “Bahkan ada pernyataan yang mengancam, kalau bukan itu yang memang akan gagal. Agus yang ngomong begitu,” kata Fahri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/3).

Menurut wakil ketua DPR RI ini, Agus pernah membawa salah satu konsorsium untuk mengikuti proses lelang pengadaan e-KTP. Dan sempat melobi ke Kemendagri agar konsorsium yang dibawanya itu lolos proses lelang.

“Ini konfliknya terlalu kentara karena sebagai ketua LKPP pak Agus itu melobi untuk satu konsorsium,” kata Fahri yang mengaku mendapat informasi dari mantan pejabat di Kemendagri.

Karena itu, menurut politikus partai dakwah ini, Agus sebaiknya mundur dari posisi sebagai ketua KPK karena dirinya tidak netral dan memiliki konflik kepentingan. “Buktinya dakwaannya kayak begini, ini kan masalah, keterangan orang dipotong-potong kan yang merugikan dia tidak disebut. Kenapa enggak disebut kronologi di situ bahwa dia ikut melobi. Ya kan harusnya dia ngomong terbuka dong ikut melobi,” tukas Fahri.

Sebelumnya Agus sudah membantah tentang isu keterlibatannya dalam korupsi e-KTP yang merugikan negara triliunan rupiah ini. Bahkan menurut Agus, saat dirinya masih memimpin LKPP, saran dari pihaknya itu tidak diikuti sehingga LKPP menarik diri dari pendampingan proyek e-KTP. “Karena itu LKPP mundur, tidak mau mendampingi. Tidak ada saran yang diikuti atau dipatuhi,” kata Agus.

Sementara itu menurut Mendagri Tjahyo Kumolo, dirinya tidak tahu-menahu soal dugaan keterlibatan ketua KPK Agus Rahardjo terkait kasus proyek e-KTP. “Saya enggak dapat laporan itu. Dari yang saya update, enggak ada ya,” tukas Tjahjo. (ZA)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: