HomeHankam

Polri Kerahkan 72.023 Personil untuk Amankan Pilkada Serentak

Polri Kerahkan 72.023 Personil untuk Amankan Pilkada Serentak

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul menyatakan  kepolisian telah mengerahkan 72.023 personil untuk mengamankan jalannya proses Pilkada Serentak.

Lebih rinci ia menyebut, puluhaan ribu personil tersebut akan ditemat secara terpisah-pisah, yakni 38.273 personel ditempatkan di provinsi, dan sisanya sebanyak 33.750 di kota/kabupaten. Persiapan dari segi keamanan sudah mencapai 80 persen. Dan saat, lanjutnya Martinus, Polri, terus  melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi untuk memantapkan kesiapan keamanan tersebut.

“Sisa 20 persennya itu, kami tinggal bergerak saat pelaksanaannya,” ujar Martinus

Terkait potensi konflik yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, Martinus memaparkan sejumlah indikator kerawanan.

Menurutya, potensi konflik biasanya pecah karena daerah tertentu punya riwayat konflik, tensi politik antar pesaing yang tinggi juga bisa menjadi  pemicu pecahnya konflik, selain itu faktor kesiapan dari penyelenggara masuk dalam kategori rawan konflik.

“Biasanya karena ada kecurangan, kurang saksi, atau ketidakpuasan dari pendukung yang calonnya tidak terpilih,” paparnya.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian juga menyebut ada tiga titik yang  masuk kategori rawan konflik saat Pilkada serentak berlangsung.

Dan sebagai upaya antisipatif, Kepolisian melakukan penambahan personil ke tiga wilayah penyelenggara pilkada tersebut, yakni daerah penyelengara Pilkda DKI, Aceh dan Papua. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0