HomeKolom

Prabowo dan Deddy Corbuzier

Prabowo dan Deddy Corbuzier

Oleh: Luthfi Assyaukanie

Setelah lama memilih diam, akhirnya Pak Prabowo membuka suaranya. Bukan di MetroTV, TransTV atau CNN Indonesia. Tapi di kanal Youtube Deddy Corbuzier, yang terkenal itu. Kenapa Pak Prabowo memilih Youtube dan bukannya televisi, untuk bersuara, menarik untuk dicermati. Kenapa dia memilih kanalnya Deddy dan bukan yang lain, juga menarik untuk ditelusuri.

Pilihannya terhadap Youtube ketimbang televisi menunjukkan semakin tidak relevannya media lama. Orang lebih memilih Youtube ketimbang televisi karena selain jangkauannya yang luas juga karena waktu tayangnya yang tak terbatas. Jika Anda menyiarkan wawancara di televisi, Anda mengabaikan jutaan orang sibuk yang tak punya waktu ketika wawancara itu disiarkan. Di Youtube, orang tak diburu untuk menonton segera.

Baca Juga:  Berani Kontrak Politik, Prabowo Dapat Dukungan Massa Buruh

Ada banyak kelebihan lain media baru dibanding televisi. Deddy Corbuzier memahami betul kelebihan-kelebihan itu, yang mendorongnya hijrah dari televisi ke Youtube. Dengan sangat serius dia belajar bagaimana menjadi Youtuber dan bagaimana menarik penonton sebanyak mungkin. Dengan rendah hati, dia belajar dari Youtuber2 senior yang umumnya berusia lebih muda darinya.

Hasilnya adalah podcast yang kini dia kelola. Podcast terbaik yang ada di negeri ini dengan subscriber hampir 15 juta orang. Angka ini bahkan mengalahkan Joe Rogan, podcaster yang menjadi role model Deddy. Subscriber Rogan sekarang berjumlah 10 jutaan orang. Meski semakin banyak Youtuber baru meniru Deddy membuat podcast, belum ada yang sanggup menandinginya.

Baca Juga:  Riuh, "Prabowo KW" Muncul ditengah Kerumunan Pendukung 02

Deddy memiliki keunggulan yang tak dipunyai banyak orang. Dia komunikator hebat yang tahu bagaimana memperlakukan nara sumbernya. Tidak intimidating seperti beberapa jurnalis televisi. Tidak sok tahu seperti para podcaster baru. Dan mampu mencairkan suasana dengan joke dan gayanya yang khas.

Tidak mengherankan kalau Pak Prabowo tampak nyaman dan lancar bercerita. (red)

Sumber: https://www.facebook.com/assyaukanie

Comment