Presiden Berikan KUR Klaster untuk Percepat Pertumbuhan UMKM

SUARADEWAN.com – Presiden mendorong pertumbuhan perekonomian hingga menjangkau rakyat kecil dengan memberikan kredit usaha rakya  atau KUR klaster.

Presiden juga menyalurkan dana melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) di Istana Negara pada 19/12/2022.

Dengan model KUR klaster, UMKM dapat dibantu sehingga produk-produknya dapat terserap sebanyak-banyaknya.

Pemerintah menyukai pendanaan model KUR klaster karena adanya kepastian pembelian, sehingga yang memberi pinjaman tidak khawatir, karena UMKM sudah jelas pembelinya dan terjamin pembayaran hutangnya.

Presiden mengatakan dalam kesempatan tersebut bahkan ada pondok pesantren yang menerima dana hingga miliaran untuk mengembangkan usaha hortikultura.

Sayurnya dijual melalui usaha-usaha yang memiliki banyak jaringan. Dengan demikian pembelian produk pun menjadi jelas. Sehingga para penyedia pinjaman yakin dana KUR Klaster akan dapat dikembalikan.

“Kredit usaha rakyat KUR total sudah 39,4 juta UKM yang memanfaatkan ini dan saya senang sekarang ada model KUR klaster ini, benar memang harus diklasterkan,” kata Presiden Joko Widodo.

“KUR klaster ini dapat dilaksanakan di semua sektor baik perkebunan rakyat, peternakan rakyat, perikanan rakyat, industri UMKM, dan usaha-usaha lain yang memiliki peluang pasar yang besar atau produk-produk unggulan di dalam negeri kita agar daya saing semuanya meningkat dan bisa masuk ke pasar global,” jelas Presiden.

Adapun pemanfaat KUR sebelum ada model klaster sejumlah 39,4 juta UKM. Dan dengan adanya KUR Klaster, pengurusan kredit menjadi mudah karena ada pengelompokan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90