Presiden Joko Widodo Menghadiri KTT ASEAN Ke-40 Hari Ini

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo mengikuti rangkaian acara terkait KTT ASEAN ke-40 dan 41 mulai hari ini, 10-13 November 2022, du Pnomh Penh, Kamboja.

Dalam mengawali agenda kerjanya, Presiden Joko Widodo mengunjungi Istana Kerajaan Kamboja dan melakukan audiensi tertutup dengan Yang Mulia Raja Norodom Sihamoni. Kemudian dilanjutkan pertemuan dengan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA) di Sokha Pnomh Penh Hotel. Presiden Joko Widodo juga akan menemui Presiden Asian Development Bank (ADB).

Baca Juga:  Perubahan Iklim: WMO Perkirakan Kekeringan pada Tahun 2050

Agenda selanjutnya adalah pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan pemuda ASEAN, yang dilanjutkan dengan perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Malam harinya akan diadakan pertemuan tingkat tinggi para pemimpin dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam KTT Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Setelah itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan bahwa ada lebih dari 20 acara yang akan diikuti Presiden Joko Widodo dalam rangkaian KTT ASEAN kali ini. Ditambah 4 pertemuan bilateral, yakni dengan Perdana Menteri Singapura, Presiden Dewan Eropa, Sekjen PBB, dan Presiden Asian Development Bank.

Baca Juga:  Jokowi: Indonesia di Puncak Kepemimpinan Global

Beliau juga menuturkan bahwa KTT ASEAN ke-40 dan 41 ini diadakan dengan bentuk plenary dan retreat. Pada plenary session, akan dibicarakan penguatan kapasitas institusi dan efektivitas ASEAN. Dan pada retreat session akan dibicarakan masalah-masalah eksternal, seperti hubungan ASEAN dengan negara-negara di luar ASEAN, dan juga masalah Myanmar.

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90