Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Beringin Sila Senilai 1,7 T

Bendungan Beringin Sila di Kab. Sumbawa, NTB, diresmikan 29 Desember 2022 oleh Presiden Joko Widodo. Foto: instagram @jokowi

SUARADEWAN.com – Salah satu program Presiden Joko Widodo di Nusa Tenggara Barat adalah meresmikan Bendungan Beringin Sila pada 29 Desember 2022.

Presiden Joko Widodo mengatakan dalam sambutan beliau, bendungan tersebut adalah yang keempat dari enam bendungan yang dibangun di Nusa Tenggara Barat.

“Di Provinsi Nusa Tenggara Barat ada enam bendungan, yang sudah kita resmikan tiga, ini yang keempat, masih ada dua lagi yang akan kita selesaikan insyaallah nanti tahun depan,” tutur Presiden Joko Widodo.

Pembangunan Bendungan Beringin Sila menelan biaya hingga 1,72 triliun rupiah dengan luas genangan 126 hektare. Dengan kapasitas tersebut, Bendungan Beringin Sila diharapkan mampu menjadi sumber irigasi bagi 3500 hektare sawah di Kabupaten Sumbawa.

“Kita harapkan di Kabupaten Sumbawa khususnya yang dulunya mungkin bisa panen sekali, nanti para petani bisa panen dua kali atau tiga kali. Harapan kita produktivitas pertanian di Provinsi Nusa Tenggara (Barat) bisa meningkat secara drastis karena bendungan ini (dibangun) menghabiskan anggaran yang tidak sedikit,” kata Presiden.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko, mengatakan, selain sebagai sumber irigasi sawah, fungsi bendungan juga meliputi sebagai penyedia air baku, obyek wisata, dan reduksi banjir.

“Retensi atau reduksi banjir kurang lebih 32,75 persen di mana tadi kami sampaikan bahwa titik ini adalah di tengah-tengah, sehingga yang tadinya kurang lebih 832 hektare daerah terdampak banjir, sekarang kurang lebih masih 500-an (hektare),” Jarot Widyoko menjelaskan kapasitas Bendungan Beringin Sila dalam mengurangi banjir. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90