Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Sadawarna

SUARADEWAN.com – Bendungan Sadawarna yang terletak di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada hari Selasa pagi, 27 Desember 2022, menjadi bendungan yang ke-33 diresmikan Presiden Joko Widodo.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah merencanakan sejak 8 tahun yang lalu pembangunan 60 bendungan di seluruh Indonesia. Dan Bendungan Sadawarna salah satunya.

Pembangunan Bendungan Sadawarana dimulai tahun 2018. Anggaran yang telah dihabiskan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk pembangunan Bendungan tersebut sebesar 2,65 triliun.

Presiden berharap bendungan tersebut dapat mendukung produksi padi kian berlimpah. Sebelum ada bendungan tersebut, produksi beras mencapai 1,3 juta ton.

Dan setelah irigasi dari Bendungan Sadawarna beroperasi, diharapkan produksi beras menjadi 1,8 juta ton.

Indramayu, Presiden menuturkan, adalah sentra penghasil beras terbesar di Indonesia.

Dalam sambutannya meresmikan Bendungan Sadawarna, Presiden mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumedang dan seluruh masyarakat Sumedang yang telah rela airnya dipakai untuk mengairi sawah-sawah di daerah Indramayu.

Adapun Bendungan Sadawarna mempunyai 680 hektare luas genangan. Dan diperkirakan dapat mengairi 4.280 hektare sawah.

Presiden juga menguraikan mengapa pemerintahannya membangun banyak waduk.

“Kita harapkan dengan banyaknya waduk-waduk yang telah dibangun di seluruh tanah air Indonesia, kita berharap produktivitas padi, utamanya dan komoditas hortikultura dan yang lain-lainnya bisa naik.

Dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik.

Itulah tujuan utama dari dibangunnya waduk, selain memang waduk juga ada yang di pakai untuk wisata, untuk pembangkit listrik, dan juga untuk penyediaan air baku,” tutur Presiden Joko Widodo. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90