Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Semantok

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada hari Selasa, 20/12/2022.

Bendungan Semantok dibangun selama 5 tahun, yakni 2017 hingga 2022. Pembangunan bendungan ini menelan biaya hingga 2,5 triliun rupiah.

Kapasitas tampung Bendungan Semantok 32,67 juta meter kubik air. Luas genangannya 365 hektar. Rencananya bendungan ini akan digunakan untuk mengairi sekitar 1900 hektar sawah.

Bendungan Semantok adalah bendungan ke-30 yang diresmikan pemerintah. Rencananya jumlah bendungan yang dibangun pemerintah hingga tahun 2024 seluruhnya ada 60 bendungan.

Penggunaan Bendungan Semantok tidak hanya terbatas pada pertanian saja. Tetapi juga potensi pariwisata dan pembangkit listrik.

Dengan adanya bendungan tersebut, pemerintah mengharapkan peningkatan hasil pertanian. Seperti yang dituturkan Presiden Joko Widodo berikut:

“Inilah yang kita harapkan nantinya dengan bendungan ini mestinya yang di bawah, yang nanti terairi, kalau biasanya panen sekali, bisa panen dua kali. Kalau biasanya panen dua kali, bisa panen tiga kali. Biasanya enggak bisa ditanami padi misalnya, bisa panen dua kali atau tiga kali.”

Presiden Joko Widodo juga mengutarakan pentingnya air dalam kehidupan manusia. Pengelolaan air juga sempat disinggung dalam KTT Perubahan Iklim, dan harus dicantum dalam kebijakan penyelenggaraan negara.

“Karena kita tahu apapun air adalah kunci, baik untuk pertanian maupun untuk hal-hal yang lain, listrik, pariwisata, semuanya. Oleh sebab itu, semakin banyak bendungan yang kita bangun, kita harapkan produksi pertanian kita semakin baik juga kesejahteraan petani juga akan semakin baik,” tutur Presiden Joko Widodo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90