Presiden Joko Widodo Resmikan Hunian Relokasi Badai Seroja

Presiden Joko Widodo resmikan hunian tetap relokasi korban badai siklon tropis seroja di NTB. Foto: instagram.

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Nusa Tenggara Barat dalam rangkaian kerja pada akhir Desember 2022.

Salah satu program yang Presiden Joko Widodo laksanakan adalah meninjau dan meresmikan hunian tetap sebagai bantuan pemerintah kepada korban bencana alam badai siklon tropis seroja.

Presiden Joko Widodo meresmikan hunian tersebut pada 29 Desember 2022. Dan berharap hunian tersebut dapat menjadi hunian yang nyaman dan lebih baik bagi masyarakat.

“Kita harapkan nanti menjadi sebuah kompleks perumahan yang asri yang saya melihat pasti jauh lebih baik dari yang lama,” tutur Presiden.

Badai siklon tropis seroja terjadi pada 3 April 2021 dan melanda Nusa Tenggara hingga Timor Leste. Awal badai yang terbentuk di Nusa Tenggara Timur tersebut menyebabkan banjir, aliran lumpur besar, kerusakan infrastruktur, puluhan nyawa meninggal, dan delapan ribu lebih pengungsi.

“Di Kabupaten Bima sebanyak 185 rumah dan di Kabupaten Dompu sebanyak 107 rumah, semuanya sudah selesai,” lanjut Presiden.

Hunian tersebut dibangun dengan memperhitungkan wilayah yang cukup jauh dari bantaran sungai untuk menghindari banjir.

Baca Juga : Badai PHK 2022 Lebih Buruk dari Awal Pandemi

Selain hunian tetap, masyarakat juga memperoleh sertifikat tanah di mana hunian tetap tersebut dibangun.

“Dengan fasilitas umum yang bapak ibu juga lihat, ada masjidnya alhamdulillah dan ada fasum-fasum yang lainnya,” Presiden menjelaskan fasilitas yang terdapat di kompleks tersebut.

Dirjen Perumahan kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menuturkan bahwa hunian dibangun dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) bertipe 36 di atas lahan seluas 108 meter persegi. Pelaksanaan pembangunan selama Mei 2021 hingga Mei 2022 tersebut menelan biaya hingga 57,3 miliar rupiah. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90