Sorot  

Presiden Jokowi dan Era Hilirisasi Tambang di HUT PDI-P ke-50

Presiden Jokowi dalam HUT PDI_P ke-50. (Foto: setkab.go,id)

SUARADEWAN.com – Kehadiran Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 PDI Perjuangan memberi penekanan skenario besar Indonesia untuk terus melaksanakan hilirisasi industri beberapa bahan tambang.

Dalam peringatan ulang tahun partai banteng tersebut, Presiden Jokowi memberikan sambutannya di Hall A, JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada hari Selasa, 10 Januari 2023.

Presiden Jokowi mengatakan keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan menghentikan ekspor mentah nikel dan melakukan hilirisasi hingga nikel berbentuk barang jadi atau setengah jadi mencapai puluhan lipat.

“Dulu waktu masih mentah kita ekspor itu nilainya per tahun hanya Rp17 triliun. Setelah kita setop tiga tahun ini, setahun bisa menghasilkan kurang lebih Rp360 triliun,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia mulai merencanakan penghentian ekspor serupa pada bauksit, timah, dan berbagai bahan tambang lainnya.

Pengelolaan hilirisasi bahan-bahan tambang tersebut nantinya akan menuju pembentukan ekosistem baterai dan ekosistem mobil listrik.

Kedua ekosistem tersebut sangat penting untuk masa depan Indonesia dan dunia. Sebagaimana diketahui, seluruh dunia sudah bergerak menuju era bebas karbon untuk melawan perubahan iklim yang mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90