Presiden Jokowi Kemungkinan Akan Reshuffle Mentan dan LHK

Kemungkinan reshuffle pada Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan Presiden Jokowi pada Januari ini. (Foto: instagram @devia.002)

SUARADEWAN.com– Presiden Jokowi seakan mengiyakan dirinya hendak melakukan reshuffle kabinet ketika ditanya tentang kemungkinan tersebut saat melakukan kunjungan kerja ke Riau beberapa waktu lalu.

“Besok. Ya besok, bisa Jumat (6/1/2023), Senin bisa Selasa bisa Rabu,” kata Presiden Jokowi saat itu.

Kemungkinan perombakan kabinet tersebut mencuat setelah keributan dua partai politik pendukung Presiden Jokowi, yakni PDI-P dan Nasdem.

Anggota PDI-P mengatakan bahwa kinerja para menteri yang berasal dari Nasdem belumlah optimal. Menanggapi kritik PDI-P, Nasdem balas mengatakan agar PDI-P tidak mengganggu hak prerogatif Presiden Jokowi terkait reshuffle.

Sedangkan, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa ada kemungkinan Presiden Jokowi melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju pada Januari 2023 ini (5/1/23).

“Mungkin Januari ini, kita tunggu bareng-bareng ya,” kata Ngabalin.

Ngabalin juga mengatakan agar menteri-menteri yang terkena perombakan kabinet tidak tersinggung. Sebaliknya, mereka harus berterima kasih telah diberikan kesempatan mengabdi pada negara.

“Kalau nanti ada menteri yang diganti (reshuffle) harus tetap semangat dan tersenyum seperti saat awal anda dipilih. Jangan marah, jangan dongkol karena waktu anda sudah sampai disini saja,” imbau Ngabalin.

Adapun isu perombakan kabinet menyasar pada Menteri Pertanian dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni Yassin Limpo dan Siti Nurbaya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90