Presiden Jokowi Nyatakan Perekonomian Indonesia Aman Karena APBN

Presiden Jokowi memimpin sidang paripurna pertama di tahun 2023, dan mengatakan peran APBN 2022 berhasil menyelamatkan perekonomian Indonesia. (Foto: instagram @jokowi)

SUARADEWAN.com – Sidang kabinet paripurna perdana pada tahun 2023 dilaksanakan pada 17 Januari 2023. Presiden Jokowi yang memimpin sidang menuliskan dalam akun instagramnya @jokowi, bahwa sidang kali ini membahas anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Presiden Jokowi dalam membahas APBN pada sidang tersebut menjelaskan bahwa APBN selama tahun 2022 telah berhasil menstabilkan ekonomi dan menjaga masyarakat dari guncangan-guncangan resesi.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi memaparkan bahwa terdapat defisit APBN sebesar 2,38%. Sedangkan pendapatan negara tumbuh hingga 115,9%, jauh dari target dan tumbuh 30,6%. Hal tersebut, salah satunya adalah dukungan pajak yang mencapai 115,6%. PNBP tahun 2022 juga tumbuh hingga 122,2%.

Dengan demikian, Presiden Jokowi menyatakan bahwa sektor perekonomian Indonesia telah pulih, setelah adanya hantaman-hantaman berat selama pandemi Covid-19. Pemulihan ini terjadi di semua daerah.

Hantaman-hantaman tersebut terutama ada dalam bidang transportasi, akomodasi, serta kuliner.

Pemulihan ekonomi ini juga berarti berkurangnya angka pengangguran. Penurunannya berkisar 1,2%, yakni dari 7,1% warga negara Indonesia menjadi hanya 5,9%. Angka kemiskinan juga turundari 10,2% menjadi 9,5%.

Presiden jokowi mengatakan dirinya optimis untuk melaju dalam perekonomian 2023. Namun rasa optimis tersebut harus tetap dibarengi kewaspadaan, karena diprediksi sepertiga negara dunia masih mengalami resesi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90